Jurnal
Implementasi Teori Pembelajaran Behavioristik dan Humanistik dalam Pendidikan Keluarga
Penelitian ini mendeskripsikan mengenai implementasi teori pembelajaran behavioristik dan humanistik dalam pendidikan keluarga. Teori belajar seringkali dipandang hanya diterapkan pada pendidikan formal maupun nonformal, namun pendidikan keluarga merupakan salah satu unit pendidikan yang tidak bisa dipandang sebelah mata karena peran dan fungsinya yang juga memberikan kontribusi yang sangat besar pada perkembangan generasi bangsa. Beberapa penelitian terdahulu melihat implementasi teori belajar dalam satuan pendidikan baik formal maupun non formal, namun secara tidak sadar pada pendidikan keluarga pun sudah diimplementasikan namun dengan porsi dan teknik yang disesuaikan dengan iklim pendidikan keluarga. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dibahas mengenai (1) Bagaimana implementasi prinsip-prinsip teori belajar behavioristik dalam pendidikan keluarga?; (2) Bagaimana implementasi prinsip-prinsip teori belajar humanistik dalam pendidikan keluarga? Penelitian ini dilakukan pada keluarga di RT 02 Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung sebanyak 10 keluarga yang memiliki anak dibawah umur 18 tahun dengan karakteristik keluarga yang beragam dari aspek pekerjaan dan usia. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi.
B001348 | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain