Jurnal
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VBA POWERPOINT PADA MATERI HIMPUNAN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan-kesulitan siswa dalam mempelajari materi himpunan yaitu kesulitan memahami konsep, membuat diagram Venn, kesulitan dalam pengoperasian, dan kesulitan secara teknis.Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Visual Basic Application (VBA) Microsoft PowerPoint pada materi himpunan. Adapun metode yang relevan dalam mencapai tujuan tersebut yaitu metode pengembangan ADDIE. Tahapan-tahapan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation,dan Evaluate. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan instrumen lembar validasi media dan ahli materi, serta wawancara pada validator ahli tersebut. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menghitung persentase setiap indikator capaian yang kemudian diinterpretasikan. Hasil penelitian Menunjukkan berdasarkan ahli media yakni indikator access 90%, cost 93%, technology 87%, interactivity 80% dan organization 90% sedangkan berdasarkan ahli materi rata-rata capaian indikator tujuan pembelajaran 83%, kesesuaian materi 88% , kesesuaian dengan karakteristik siswa 88%, kesesuaian teori 92%, kesesuaian lingkungan 85% dan kesesuaian dengan gaya belajar 78% . Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan tingkat validitas media pembelajaran VBA PowerPoint pada materi himpunan berdasarkan ahli media dan materi sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran matematika
B001341 | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain