Jurnal
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Trigonometri ditinjau dari Gender Berdasarkan Newman
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan siswa yang dibagi kedalam kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah, serta pengaruh gender dalam menyelesaikan soal berbasis masalah pada materi trigonometri. jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 36 orang yang dipilih kembali menjadi 6 orang yang terdiri atas 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan teknik pengumpulan data menggunakan tes wawancara. teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Kerangka analisis dikembangkan dengan menggunakan teori Newman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan jenis kesalahan yang dilakukan oleh laki-laki dan peremouan, yakni siswa dengan
gender perempuan melakukan kesalahan pada tahap comprehension dan process skil lebih sedikit dibandingkan siswa dengan gender laki-laki. Sedangkan, dalam tahapan transformation serta encoding letak kesalahan yang dilakukan siswa dengan gender laki-laki lebih sedikit dibandingkan siswa perempuan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain