Jurnal
IDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATA KULIAH GEOMETRI ANALITIK
Tujuan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan mahasiswa pada saat
menyelesaikan soal-soal pada materi lingkaran dan irisan kerucut. Metode pada penelitian ini digunakan
adalah metode deskriftif kualitatif. Subyek pada penelitian terdiri dari 30 mahasiswa Prodi Pendidikan
matematika IKIP Siliwangi Bandung. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis berbentuk uraian
sebanyak 4 soal. Pengamalisan data dilakaukan dengan tiga thap yaitu tahap reduksi , penyajian dan
menarik kesimpulan dari data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan mahasiswa
dalam menyelesaikan soal-soal geometri analitik terdiri dari kesalahan konsep, procedural dan
kesalahan Teknik. Adapun penyebab kesalahan konsep adalah kesalahan siswa dalam menyatakan umus
yang dipergunakan pada saat menyelesaikan permasalahan yang disajikan , mahasiswa tidak memahami
materi dan tidak tahu cara pada saat menyelesaikan masalah. Penyebab kesalahan procedural ialah
mahasiswa kurang berlatih pada saat menyelesaikan soal latihan yang diberikan, mahasiswa tidak
memahami proses dalam penyelesaian masalah secara benar. Penyebab kesalahan teknik adalah kurang
terampilnya mahasiswa dalam proses menghitung dalam suatu operasi dan ketidaktelitian mahasiswa
dalam melakukan proses perhitungan, kurang teliti dan tergesa-gesa pada saat penyelesaian masalah
sehingga tidak melakukan penecekan ulang terhadap apa yang telah dikerjakan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain