Jurnal
DESIGN RESEARCH : BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS VBA EXCEL DENGAN PENDEKATAN ETICA
Bahan ajar berbasis VBA Excel ialah cara interaktif untuk menyajikan materi matematika, mempermudah siswa dalam memahami materi bangun ruang sisi lengkung, membuat siswa merasa senang dan termotivasi untuk terus belajar matematika pada masa pembelajaran jarah jauh (PJJ). Sehingga kemampuan berpikir matematis siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar VBA Excel pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan pendekatan ETICA serta menelaah keefektifan dan kepraktisan dari bahan ajar yang dikembangan menggunakan metode penelitian
pengembangan (R&D) melalui tahap pendahuluan hingga tahap evaluasi formatif. Sampel dalam penelitian ini ialah 10 siswa kelas IX SMP Negeri 32 Bandung (uji terbatas) dan 28 siswa kelas IX-F SMP Negeri 32 Bandung (uji luas), Jawa Barat. Instrumen yang digunakan ialah lembar validasi ahli dan praktisi, tes butir soal tipe uraian sebanyak 7 soal, angket siswa dan wawancara. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bahan ajar berbasis VBA Excel dengan pendekatan ETICA memenuhi kriteria kualitas: valid dengan rata-rata sebeser 83%, praktis dengan rata-rata 82,60%, dan efektif dengan rata-rata
persentase sebesar 86,11%, sehingga bahan ajar VBA Excel dengan pendekatan ETICA sangat cocok dan kondusif untuk digunakan dalam pembelajaran pada masa PJJ, memperoleh respon positif dari siswa, pembelajaran terkesan menyenangkan, dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan lebih baik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain