Laporan
PENGEMBANGAN ASSESSEMENT AS FOR OF LEARNING DENGAN PENDEKATAN PEDAGOGI GENRE BERBANTUAN GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURLIKULUM MERDEKA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi profesional bagi seorang guru dalam
pengembangan asesmen pembelajaran. Asesmen berfungsi sebagai upaya guru untuk dapat
menemukan kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sedang dilaksanakan
maupun yang telah dilaksanakan. Akan tetapi masih ditemukan banyak guru yang menganggap
proses asesmen hanya dianggap formalitas. Asesmen dibuatnya tidak otentik, atau guru
memberi asesmen secara konvensional yang cenderung dilaksanakan hanya untuk mengukur
lulusan capaian pembelajaran, seakan asesmen terpisah dari proses pembelajaran, tanpa
memerhatikan penilaian yang mampu meningkatkan kompetensi siswa saat proses
pembelajaran. Dengan kondisi seperti ini, guru memerlukan pendekatan asesmen yang
digunakan dalam pembelajaran. Penelitian terapan ini bertujuan mendeskripsikan
pelaksanaan pengembangan model assessment as for of learning (AafoL) melalui pendekatan
pedagogi genre berbantuan gamifikasi. Dengan Tujuan khusus penelitian (1) Tersedia
alternatif pengembangan model assessment as for of learning melalui pedagogi genre
berbantuan gamifikasi. (2) pelatihan dan pendampingan terhadap guru untuk penerapan
asesmen pembelajaran dalam implementasi Kurikulum merdeka. Kegiatan terlebih dahulu
menyusun kerangka konseptual-desain pelatihan dan pengembangan model asesmen.
Selanjutnya, pelatihan dan pendampingan penerapan pengembangan model asesmen pada
pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA/SMK. Berikutnya, evaluasi kegiatan dari aspek
produk dan aspek proses (pelatihan dan pendampingan). Penelitian menggunakan metode
Reseach and Depelovment (R&D). Instrumen penelitian menggunakan uji validasi produk,
instrumen tes tertulis untuk mengukur kemampuan guru melakukan asesmen AafoL, angket
skala s ikap untuk mengukur respon guru. Pengumpulan data akan dilakukan dengan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi/pencatatan lapangan. Produk Diseminasi
dilaksanakan di MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Garut Jawa Barat Jawa Barat..
Luaran penelitian berupa artikel publikasi jurnal nasional/internasional, buku ber-ISBN,
seminar internasional, dan publikasi media massa. Penelitian ini sejalan dengan renstra dan
road map penelitian di IKIP Siliwangi, khususnya dengan payung penelitian R&D.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain