Jurnal
PENDEKATAN STEM DALAM PEMBELAJARAN ONLINE KARYA SASTRA MENULIS KREATIF DI ERA COVID-19
Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan menulis kreatif karya sastra mahasiswa yang belumoptimal. Maka penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendekatan STEAM dapatmempengaruhi pembelajaran daring menulis kreatif karya sastra mahasiswa. Metode penelitianmenggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2018-B1. Prosespengumpulan data melalui tugas menulis antologi puisi dan hasil tes cerpen. Teknik analisis data dalampenelitian ini dengan cara mendeskripsikan hasil menulis antologi puisi dan hasil tes cerpen. Hasilpenelitian ini menunjukkan pendekatan STEM pra implemntasi dengan rata-rata kualitas menulis cerpen59,47% dan nilai menulis puisi sebesar 57,98% yang seharunya target skor nilai sebesar 75% minimalSetelah dilakukan pendekatan STEM pasca implementasi diperoleh skor akhir menulis cerpen sebesar83,40% atau meningkat sebanyak 3,34% sedangkan menulis cerpen diperoleh skor sebesar 82,34% ataumeningkat sebanyak 3,29% dari target nilai sebelumnya. Dapat dikatakan pendekatan STEAM dalampembelajaran daring menulis kreatif karya sastra memiliki perbedaan dari pembelajaran sebelumnya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain