Jurnal
IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERBAHASA MEMIRSA DALAM CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM PROTOTIPE MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi keterampilan memirsa dalam bahan ajar
mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas X untuk Sekolah Penggerak, mulai dari jenis
keterampilan memirsa, strategi yang dilakukan dalam memirsa hingga tahapan pembelajaran memirsa
yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan
datanya melalui studi pustaka dengan menganalisis dokumen Capaian Pembelajaran Kurikulum
Prototipe dan bahan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas X untuk Sekolah
Penggerak. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa implementasi keterampilan berbahasa memirsa
menunjukkan tahapan memirsa literasi visual dan memirsa kritis. Pada tahap literasi visual,
pembelajaran memirsa termasuk ke dalam fase eksplorasi dengan cara mengintegrasikan beragam
strategi untuk menuliskan kembali informasi tersebut, baik dalam bentuk ringkasan maupun infografik.
Sementara itu, pada tahapan memirsa kritis, pembelajaran memirsa memasuki fase tingkat lanjut dengan
cara mengevaluasi teks multimoda yang kompleks dengan beragam strategi, memahami hubungan
antarteks, serta memberikan analisis yang mendalam disertai dengan argumentasi yang logis dan kritis
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain