Jurnal
Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot
Penelitian ini dilandasi oleh rasa keingintahuan peneliti terhadap penerapan metode Discovery Learning dalam pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X. Dari latar belakang tersebut, dapat ditarik sebuah rumusan masalah yaitu apakah penerapan metode Discovery Learning dapat meningkatkan hasil menulis teks anekdot siswa kelas X? Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hasil belajar menulis anekdot siswa kelas X apakah nilai dapat meningkat setelah diberikan perlakuan atau tidak. Metode dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen one-group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan pretest dan posttest yang dianalisis melalui teknik analisis statistik. Peneliti juga menggunakan instrumen penelitian yaitu lembar soal tes awal (pretest) dan lembar soal tes akhir (posttest). Dari hasil penelitian berdasarkan pengolahan data, kemampuan menulis teks anekdot siswa memperoleh nilai rata-rata tes pretest sebesar 55,38 dan setelah menerapkan metode Discovery Learning nilai rata-rata posttest sebesar 76,25. Maka nilai menulis teks anekdot naik sebesar 20,87. Hasil uji normalitas 0,202 > 0,05 maka hasil posttest dan pretest berdistribusi normal. Kesimpulannya penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot dapat meningkat secara signifikan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain