Jurnal
Pembelajaran Saintifik Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Di Kecamatan Cagak Kabupaten Subang Jawa Barat
Dalam kurikulum 2013 (K-13) ada perubahan paradigma pembelajaran yang awalmya berpusat pada guru (teacher centered) menjadi berpusat kepada siswa (student centered). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan kepada guru-guru di wilayah Kecamatan Cagak Kabupaten Subang Jawa Barat penerapan pendekatan saintifik tidak maksimal di laksanakan, hal ini disebabkan karena menurut penuturan guru-guru di wilayah tersebut penggunaan saintifik
pada proses pembelajaran memakan waktu yang lama. Untuk memudahkan langkah pendekatan saintifik yang dilaksanakan oleh guru di wilayah Kabupaten Subang Jawa Barat dan materi yang dipelajari mudah dipahamai oleh siswa maka ICT akan sangat membantu, pada tahapan mengidentifikasi siswa bisa menggunakan internet untuk mencari informasi yang kemudian dari kegiatan tersebut akan dirumuskan suatu permasalahan, menyusun, menguji hipotesis, mengumpulkan data, mengolah, dan menganalisis data dapat dengan mudah dilaksanakan dengan bantuan media internet, kemudian pada tahapan menyusun laporan siswa bisa menggunakan laptop untuk menyimpan hasil materi yang sudah dicari dan dipelajari, pada tahapan presentasi siswa dapat menggunakan media power point untuk memudahkan mempresentasikan materi sehingga materi yang disajikan lebih menarik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain