Jurnal
GEJALA KEJENUHAN GURU SEKOLAH DASAR SAAT PANDEMI COVID 19
Penelitian ini beranjak dari mewabahnya pandemi covid 19 secara massif yang menimpa hampir seluruh negara di dunia tanpa terkecuali Indonesia. Salah satu kegiatan yang terdampak pandemi covid 19 adalah terganggunyam aktivitas belajar mengajar di Sekolah Dasar (SD). Kondisi ini menimbulkan munculnya kejenuhan khususnya dalam kegiatan mengajar. Tujuan penelitian ini adalah berupaya mengungkap gejala kejenuhan guru SD saat mengajar pada masa pandemi covid 19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantiaitif dengan metode survey terkait dengan kejenuhan guru SD saat mengajar di masa pandemi covid 19. Data penelitian diperoleh secara online menggunakan media google form. Dalam penelitian ini jumlah responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 250 guru SD yang tersebar di wilayah Jawa Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tentang kejenuhan guru dengan menggunakan empat area yaitu (1) area kelelahan intelektual (2) area kelelahan fisik (3) area kelelahan emosi (4) rendahnya emosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gejala kejenuhan yang dialami guru SD pada masa pandemi covid 19 berada pada empat area yaitu kelelahan intelektual, fisik, emosi dan rendahnya motivasi. Selain itu, penelitian mengindikasikan adanya dinamika kejenuhan yang dialami oleh guru pada masing-masing area dan kejenuhan yang dialami guru SD menunjukkan gejala melaju dari rendah menuju kejenuhan dengan kadar yang lebih tinggi pada saat pandemi covid 19 ini sehingga diperlukan penanganan yang bersifat segera sebagai upaya pencegahan timbulnya kejenuhan yang lebih akut dan berdampak sistemik serta sebagai upaya memfasilitasi guru SD supaya lebih siap menerapkan kegiatan pembelajaran berbasis konsep normal baru.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain