Jurnal
Pembelajaran Menulis Cerpen Menggunakan Metode Picture and Picture
Pembelajaran menulis cerpen yang pada umumnya selalu dianggap pembelajaran yang sulit dilakukan oleh siswa karena kesulitan menyesuaikan tema dengan judul saat menulis cerita dan menuangkan imajinasinya ke dalam bahasa tulis. Terdapat sebuah rumusan masalah dalam penelitian yaitu mengenai kesulitan siswa dalam menulis cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai kesulitan siswa dalam menulis teks cerpen. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI di SMK 4 LPPM RI Padalarang berjumlah 23 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa tes keterampilan menulis. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan metode picture and picture terdapat nilai rata- rata pada tes awal 64,13 dan terdapat nilai rata-rata 78,7 pada tes akhir.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain