Jurnal
Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Melalui Metode Mind Mapping
Penelitian ini untuk mengkaji pembelajaran menulis cerita pendek melalui metode mind mapping pada siswa kelas XI SMK HAMKA Cikande. Pembelajaran menulis cerita pendek pada kenyataanya menuai berbagai permasalahan dan masih kurang diminati oleh siswa di antaranya, kesulitan siswa untuk memulai proses menulis, kesulitan siswa untuk mengembangkan gagasan ide pemikiran, dan menulis sebagai hal yang sulit dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis cerita pendek melalui metode mind mapping yang akan mengatasi kesulitan siswa dalam menulis, membantu siswa dalam menemukan gagasan, serta untuk membuka pikiran siswa dalam memetakan gagasan ide pemikiran. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara alami melalui objek dengan akurat, faktual dan sistematis. Hasil penelitian menunjukan siswa mendapatkan nilai rata-rata tes awal 49 dan tes akhir mendapat nilai rata-rata 79. Dengan demikian, pembelajaran menulis cerita pendek melalui metode mind mapping mengalami peningkatan dengan sangat baik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain