Jurnal
Penerapan Teknik Siklus Belajar dalam Pembelajaran Menulis Laporan Ilmiah Berbasis Vokasional
Pembelajaran menulis adalah salah satu aktivitas yang dilakukan guru dan siswa di dalam mencapai tahap belajar. Aktivitas menulis sangat membutuhkan variasi dan cara pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat dalam memproduksi tulisan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis laporan ilmiah berbasis kecakapan vokasional dan untuk mengentahui efektivitas metode learning cycle dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian PreetestPosttest With Control Group Design yaitu memberikan suatu perlakuan kepada subjek penelitian dan dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa SMK mampu menulis laporan ilmiah berbasis kecakapan vokasional dan metode learning cycle efektif digunakan dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis kecakapan vokasional.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain