Jurnal
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan peningkatan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa SMK. Menulis merupakan aktivitas yang membutuhkan aktivitas dan kreativitas berfikir. Model yang dapat menumbuhkan aktivitas dan kreativias berfikir adalah metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Teknik jigsaw adalah suatu teknik pembelajaran yang menekankan pada aspek kerjasama dengan pola belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari empat sampai enam orang yang anggotanya dipilih secara heterogen. Siswa bekerja sama saling ketergantungan secara positif dan bertanggung jawab secara mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen dengan ujicoba metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menulis paragraf pada karangan argumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi. Model ini juga dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa SMK.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain