Prosiding
STRATECI BERBAHASA ANAK SEBACAI SARANA BERKOMUNIKASI
Strategi belajar adalah suatu kegiatan dari pcrubahan tingkah laku. hasil dari suatu latihan. suatu perubahan yang pennanen yang tak dapat diamati secara langsung retapi dapat berpengarub pada bagaimana seseorang melakukan proses. be\ajar dapat memberikan warning bahwa orientasr belajar tidaklah semata-mata pada 'hasil', tetapi juga pada 'proses' yang dilakukan untuJ... mendapatkan hasil itu. Jika dikaitkan dengan strategi, setiap orang yang melakukan proses belajar memiliki strategi tertentu demi tujuan yang diinginkan.
Strategi belajar bahasa berkaitan dengan informasi dan ingatan (penguasaan kosa kata,
aturan-aturan, gramatikal dan sebagainya). Komunikasi dalam konteks ini mclibatkan upaya-upaya pembelajar yang disebut sebagai strategi komunikasi. Ada dua jenis strategi dalam pembelajanu, bahasa kedua, yaitu strategi belajar bahasa kedua dan strategi menggunakan bahasa kedua.
Strategi Tarone disajikan dalam lima kategori utama dengan sub kategori pada tiga strategi
yang pertama. Kelima strategi tersebut mencerminkan bagaimana pembelajar memecahkan masalah dalam berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Strategi komunikasi anak memiliki tipe melipcu penghindaran (avoidance), Parafrase (paraphrase), transfer sadar (Conscious Transfer), mcmima bantuan (Appealfor Assistance), rnimik (111i111e)
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain