Text
Pembelajaran menulis teks persuasif menggunakan model cooperative decision making berbantuan media iklan layanan masyarakat pda siswa kelas VIII di SMP Assalaam Bandung tahun Ajaran 2019 / 2020
Pembelajaran Menulis Teks Persuasif dengan Menggunakan Model Cooperative
Decision Making berbantuan Media Iklan Layanan Masyarakat Pada Siswa Kelas VIII SMP Assalaam
Bandung”. Menulis adalah kegiatan melahirkan pikiran dan perasaan dengan tulisan. Adapun
permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran
menulis teks persuasi siswa kelas VIII di SMP Assalam Bandung menggunakan model Cooperative
Decision Making berbantuan Media Iklan Layanan Masyarakat? (2) Bagaimana respon guru dan
siswa kelas VIII di SMP Assalam Bandung terhadap pembelajaran menulis teks persuasi
menggunakan model Cooperative Decision Making berbantuan Media Iklan Layanan Masyarakat? (3)
Kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa kelas VIII di Assalaam Bandung dalam menyelesaikan
tugas-tugas menulis teks persuasi? Adapun tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui skenario dan
implementasi pembelajaran menulis teks persuasi siswa kelas VIII di SMP Assalam Bandung
menggunakan model Cooperative Decision Making berbantuan Media Iklan Layanan Masyarakat. (2)
untuk mengetahui respon guru dan siswa kelas VIII di SMP Assalam Bandung terhadap pembelajaran
menulis teks persuasi menggunakan model Cooperative Decision Making berbantuan Media Iklan
Layanan Masyarakat. (3) untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa kelas VIII di
Assalaam Bandung dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks persuasi. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu meneliti pada suatu kondisi
objek alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah instrumen kunci. Subjek
penelitian ini adalah kelas VIII 3 SMP Assalam Bandung yang berjumlah 31 siswa. Data hasil
penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes awal sebelum pembelajaran dan tes akhir
setelah melakukan proses pembelajaran dengan soal yang sama. Hasil penelitian yang diperoleh ratarata nilai tes awal sebesar 41,32 dan rata rata nilai tes akhir sebesar 74,87, sehingga terjadi
peningkatan setelah menggunakan model Cooperative Decision Making berbantuan media Iklan
Layanan Masyarakat yang cukup signifikan yaitu 33,55.
16210307 | 400 s SRI p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain