Text
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN VIDEO PADA SISWA KELAS VIII SMP DARUL HIKMAH TAHUN 2019 / 2020
Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi
Dengan Menggunakan Metode Concept Sentence Berbantuan Video Pada Siswa Kelas VIII
SMP Darul Hikmah Tahun 2019/2020”. Menulis adalah proses kegiatan menuangkan ide,
gagasan dan pikiran sehingga menjadi tulisan yang dapat dipahami secara logis. Namun
masih ditemukan siswa yang mengalami kesulitan ketika akan menuangkan ide ke dalam
tulisan, kurangnya kompetensi pengetahuan siswa mengenai menulis teks eksplanasi dan
kurangnya siswa dalam kegiatan literasi. Berdasarkan masalah tersebut maka peneliti
merumuskan masalah penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana skenario dan implementasi
pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode concept sentence
berbantuan video? 2) Bagaimana respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks
eksplanasi dengan menggunakan metode concept sentence berbantuan video? 3) Kesulitankesulitan apa yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran menulis
teks eksplanasi dengan menggunakan metode concept sentence berbantuan video? Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks
eksplanasi dengan menggunakan metode concept sentence berbantuan video, mengetahui
respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan
metode concept sentence berbantuan video, dan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang
dialami siswa dalam menyelesaikan tugas menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik penelitian berupa
observasi, angket, dan tes. Sebagai bahan sampel, peneliti mengadakan penelitian pada siswa
kelas VIII SMP yang berjumlah 25 siswa. Dapat disimpulkan bahwa skenario pembelajaran
pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga telah sesuai dan berjalan lancar sesuai dengan di
lapangan pada saat pembelajaran menulis teks eksplanasi di kelas VIII. Kegiatan dimulai
dengan pendahuluan, kegiatan inti yang sesuai dengan langkah-langkah metode concept
sentence dan di akhiri dengan kegiatan penutup. Pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga
pun hampir sama, namun yang berbeda hanya dari segi penyampaian tujuan pembelajaran
serta aspek yang dipelajari. Keberhasilan implementasi pembelajaran dapat diukur melalui
lembar observasi aktivitas guru maupun siswa pada pembelajaran menulis teks eksplanasi
dengan menggunakan metode concept sentence berbantuan video yang dapat berjalan
dengan baik. Terbukti dari hasil lembar observasi aktivitas guru maupun siswa dengan
memperoleh nilai rata-rata 3,88 dengan presentase 97% dan 3,82 dengan presentase 95%
dengan kategori sangat baik, sedangkan dari hasil tes siswa baik pengetahuan maupun
keterampilan dengan memperoleh nilai rata-rata 78,3. Selain itu, hasil analisis respon guru
maupun siswa terhadap penggunaan metode concept sentence dan media pembelajaran
memperoleh nilai rata-rata 85 dan 82,5 dengan kategori baik. Terdapat kesulitan-kesulitan
yang dialami siswa, yaitu dalam soal pengetahuan siswa sulit dalam menentukan kaidah
kebahasaan, sedangkan pada keterampilan menulis teks eksplanasi siswa sulit dalam
menentukan kaidah kebahasaan, menentukan kalimat dan menentukan penggunaan ejaan
yang dapat dibuktikan dengan terdapatnya nilai rendah yang diperoleh siswa.
16210221 | 400 t DEV p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain