Skripsi
PEMBELAJARAN SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI
Kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang
memiliki peranan penting, yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains dengan
memanfaatkan lingkungan alam sekitar dengan menggunakan pendekatan eksplorasi,
dimana anak dapat melakukan penjelajahan terhadap keadaan lingkungan sekitar untuk
memenuhi rasa keingintahuannya yang sangat tinggi, selain itu peneliti juga melihat
kondisi lingkungan sekitar TK Adzikra cukup menunjang untuk melakukan pembelajaran
sains, melihat hal tersebut peneliti sangat tertarik untuk melakukan kegiatan pembelajaran
sains dengan menggunakan media alam yang sudah tersedia dan belum dimaksimalkan
oleh pendidik TK Adzikra. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriftif yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi
lapangan dan wawancara dengan sampel penelitian sebanyak 14 orang siswa. Tujuan
penelitian dengan menggunakan metode tersebut yaitu untuk mendapatkan gambaran data
tentang peningkatan kemampuan kognitif anak melalui pembelajaran sains dengan
pendekatan eksplorasi lingkungan alam. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti yaitu
adanya peningkatan kemampuan kognitif anak yang signifikan dibandingkan dengan
kondisi awal yang cenderung masih kurang. Dalam proses penerapan pembelajaran sains
menunjukan adanya kesungguhan anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sains
tersebut, sehingga pada hasil penelitian indikator-indikator dalam kemampuan kognitif
dapat tercapai. Melihat hasil tersebut, maka alangkah baiknya jika para pendidik
menggunakan pembelajaran sains sebagai salah satu pembelajaran untuk meningkatkan
kemampuan kognitif anak.
16070129 | 300 s SUS p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain