Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS RESENSI PADA SISWA SMAN 2 PADALARANG KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOLABORATIF BERBANTUAN MEDIA VISUAL
Iqbal, M, R. 2020: “Pembelajaran Menulis Teks Resensi Pada Siswa SMAN 2
Padalarang Kelas XI Dengan Menggunakan Metode Kolaboratif Berbantuan
Media Visual Tahun Ajaran 2019/2020”. Teks resensi merupakan teks yang
dipelajari pada siswa kelas XI disemester genap. Penelitian terkait pembelajaran
menulis teks resensi melalui metode kolaboratif berbantuan visual yang bertujuan
untuk (1) pembelajaran menulis teks resensi melalui metode kolaboratif
berbantuan media visual; (2) respon siswa dan guru terhadap pembelajaran teks
resensi melalui metode kolaboratif berbantuan media visual; (3) kesulitankesulitan yang dialami oleh siswa SMA Negeri 2 Padalarang kelas XI MIPA 2
dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks resensi. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian kelas XI MIPA
2SMA Negeri 2 Padalarang. Dalam pengumpulan data penelitian ini
menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes berupa menulis teks
resensi, sedangkan teknik non tes berupa lembar observasi, angket, dan
dokumentasi foto. Dari analisis hasil dapat disimpulkan (1) penerapan
pembelajaran teks resensi melalui metode kolaboratif berbantuan media visual
berpengaruh baik bagi siswa karena siswa dapat mengikuti pembelajaran secara
individu maupun berkelompok, dan siswa lebih aktif. Hal tersebut dapat
dibuktikan dari nilai menulis dengan rata-rata yaitu 86; (2) respon guru dan siswa
dalam pembelajaran menulis teks resensi metode kolaboratif berbantuan media
visual. Siswa setuju bahwa menggunakan media visual membuat kegiatan menulis
teks resensi menjadi lebih mudah dan suasana belajar menjadi lebih
menyenangkan. Selain itu, guru pun berpendapat sama yakni setuju bahwa metode
kolaboratif berbantuan media visual jika diterapkan dalam kegiatan menulis teks
resensi berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa dapat menuangkan ide
atau gagasan dalam bentuk tulisan dan pembelajaran menulis teks resensi lebih
menyenangkan dan kenaikan hasil belajar siswa yang cukup baik; (3) kesulitan
yang dialami siswa dalam melaksanakan kegiatan menulis teks resensi yaitu soal
keterampilan pada aspek penggunaan kaidah kebahasaan, pemilihan diksi,
penggunaan paragraf yang benar, tanda baca dan beberapa diantaranya dalam
penggunaan huruf kapital, dan ungkapan yang kurang efektif pada teks resensi.
Kata Kunci: menulis, resensi, kolaboratif, visual
16210294s | 400 s IQB p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (400) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain