Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIF INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE
Penelitian ini, dilatarbelakangi minat menulis di kalangan siswa sangat rendah. Kemudian, model pembelajaran sebelumnya yang kurang cocok untuk digunakan. Tujuan penelitian ini, yaitu mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media puzzle, mengetahui respons guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media Puzzle, dan mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menulis teks ekplanasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif bertujuan menggambarkan upaya peneliti pada saat di lapangan. Peneliti melakukan penelitian di SMP Negeri 3 Ngamprah. Populasi dalam penelitian, yaitu seluruh kelas VIII yang berjumlah 299 siswa. Sampel yang diambil oleh peneliti, yaitu kelas VIII I sebanyak 29 siswa. Hasil penelitian ini, yaitu skenario dan implementasi pada pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media puzzle sangat sesuai. Terbukti, hasil perhitungan pada implementasi pembelajaran yang dilakukan peneliti memperoleh sebesar 89%. Kemudian, hasil respons guru memperoleh sebesar 87,5% dan respons siswa memperoleh sebesar 75% sehingga hasil respons guru dan siswa termasuk kategori sangat baik. Selain itu, kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pengetahuan terdapat pada aspek sifat teks eksplanasi. Adapun, kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam keterampilan terdapat pada aspek struktur teks eksplanasi.
16210206 | 400 s SAF p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (400) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain