Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA FILM PADA SISWA KELAS VIII MTS AL-BIDAYAH
Penelitian ini dilakukan dengan bantuan media film pada siswa kelas VIII. Pada implemetasinya guru diharapkan mampu menggunakna media film. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran teks drama dengan menggunakan model think talk write berbantuan media film pada siswa MTs kelas VIII? (2) bagaimana respon guru dan siswa MTs Kelas VIII dengan menggunakan model think talk write berbantuan media film? (3) kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa MTs kelas VIII dalam menulis teks drama menggunakan model think talk write? Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk menelaah (1) skenario dan implementasi pembelajaran teks drama dengan menggunakan model think talk write berbantuan media film pada siswa MTs kelas VIII; (2) respon guru dan siswa MTs kelas VIII terhadap pembelajaran teks drama dengan menggunakan model think talk write berbantuan media film; (3) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa MTs kelas VIII dalam menulis teks drama menggunakan model think talk write berbantuan media film. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan non tes, teknik tes berupa hasil menulis teks drama, sedangkan dalam teknik non tes berupa hasil observasi, angket, dan dokumentasi foto. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan (1) penerapan pembelajaran menulis teks drama menggunakan model think talk write berbantuan media film yaitu berpengaruh baik, siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan kelompok, berpartisipasi aktif, serta pemikiran siswa menjadi lebih kritis. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai menulis ratarata siswa sebesar 78,13; (2) respon guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks drama berbantuan media film yaitu baik. Siswa setuju bahwa adanya bantuan film lebih menyenangkan. Selain itu guru pun berpendapat sama yakni setuju bahwa model think talk write berbantuan media film jika diterapkan dalam kegiatan menulis teks drama berpengaruh pada proses pembelajaran yang lebih baik; (3) kesulitan yang dialami siswa dalam melaksanakan kegiatan menulis teks drama yaitu pada bagian konjungsi temporal dan kalimat perintah.
16210105 | 400 s ROU p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (400) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain