Skripsi
PENGEMBANGAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA ICT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUATIF DI TINGKAT SMP/MTS
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa menulis teks persuasi dikarenakan belajar dengan gaya yang monoton. Ini membuat siswa jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Perlu adanya sebuah metode untuk menciptakan sebuah pembelajaran yang dapat menyenangkan. Metode example non example merupakan salah satu metode yang dapat menarik minat belajar siswa karena metode ini melibatkan suatu objek visual maupun audio visual, sehingga siswa lebih senang belajar karena ada sesuatu yang dapat menarik perhatian. Penulis tertarik untuk membuat skripsi berjudul “Pengembangan Metode Example Non Example Berbantuan Media Ict Dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasif” karena penulis ingin memberikan suatu metode yang dapat membuat anak menjadi semangat dalam belajar dan memudahkan dalam belajar teks persuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil implementaasi model pembelajaran di sekolah, rancangan pengembangan metode, dan kelayakan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi kualitatif. Analisis ini dilakukan dengan membandingkan metode pada skirpsi milik Roayati Maftuhatul Jannah berjudul ”Pengaruh Penerapan Metode Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Di Jami’iyyatul Khair ”, dengan skripsi milik Natalia Desi berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Depok”. Dua buah skripsi ini di analisis berdasarkan metode yang dipakai lalu dilihat kelemahan dan kekurangan dari masingmasing skripsi tersebut. Aspek yang dipakai untuk menyempurnakan metode sebelumnya untuk disebut sebagai pengembangan ditambahkan aspek ice breaking. Selain analisis dua skripsi, dilakukan pula wawancara sebagai sumber informasi selanjutnya untuk mengetahi bagaimana rancangan pengembangan metode example non example yang dilakukan di sekolah. Hasil dari penelitian ini, pengembangan metode example non example yang penulis lakukan dapat digunakan sebagai solusi agar belajar lebih menyenangkan
16210399 | 400 s FIT p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (400) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain