Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS POWTOON PADA SISWA KELAS X DI SMK SANGKURIANG 1 PADA TAHUN AJARAN 2019/2020
Sabiah, S.N (2020. Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi dengan Menggunakan Metode
Problem Based Learning Berbasis Powtoon Pada Siswa Kelas X Smk 1 Sangkuriang
Tahun Ajaran 2019/2020. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah
1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi
dengan menggunakan metode Problem Based Learning berbasis Powtoon pada
siswa kelas X di SMK 1 Sangkuriang ? 2)Bagaimana respon guru dan siswa SMK
kelas X terhadap pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan
metode Problem Based Learning berbasis Powtoon ? 2) Kesulitan-kesulitan apa
yang dialami siswa SMK kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks
negosiasi?. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Ketika
penelitian ini berlangsung, aktivitas peserta didik diamati oleh observer dan
berjalan sudah hampir baik. Hal ini dibuktikan dari lembar observasi siswa yang
menggunakan metode Problem Based Learning mendapatkan hasil 97 dari hasil
pengamatan 2 observer. Berkaitan dengan hal tersebut bahwa tujuan dari penelitian
adalah untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran, respon guru dan
siswa, dan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa. Respon guru dan siswa
menunjukkan respon positif, dengan hasil angket guru mencapai persentase 80%
dan angket respon siswa mencapai persentase 94%. Sampel dari penelitian ini yaitu
30 siswa, dari jumlah semua siswa terdapat 23 siswa yang memperoleh nilai yang
tuntas melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sedangkan 7 siswa lainnya
tidak tuntas, maka dapat disimpulkan 77% siswa yang memperoleh ketuntasan
dengan nilai rata-rata 77,1. Untuk mendapatkan hasil tersebut peneliti membuat
soal pengetahuan dan keterampilan dan dikerjakan oleh siswa diakhir pertemuan.
Pada aspek pengetahuan kesulitan yang dialami siswa dalam kebahasaan, siswa
sulit membedakan antara kebahasaan dan struktur. Sedangkan pada aspek
keterampilan kesulitan yang dialami siswa terjadi pada aspek struktur teks negosiasi,
artinya siswa belum sempurna dalam menulis teks negosiasi sesuai dengan struktur
dan kaidah kebahasaan yang berlaku.
16210085 | 400 s SAB p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (400) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain