Skripsi
PENERAPAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENNGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMPN 6 GARUT
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII A
di SMP Negeri 6 Garut yang dikategorikan rendah. Dengan tujuan utama untuk mengetahui
implementasi, respon guru dan peserta didik serta kendala – kendala yang di alami peserta
didik pada saat melaksanakan penerapan teknik problem solving untuk meningkatkan
motivasi belajar pada peserta didik kelas VII A SMPN 6 Garut. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini berjumlah 3
orang. Implementasi dari hasil penelitian kondisi motivasi belajar siswa sudah semakin
meningkat bahkan mengalami perubahan yang lumayan drastis Hasil penelitian diperoleh
bahwa penerapan teknik problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar dirasa cukup
efektif. Hal ini terlihat dari berkembangnya kemampuan peserta didik untuk berpikir secara
logis dan kritis. Kendala – kendala yang dihadapi peserta didik adalah peserta didik tidak bisa
terbuka dan merasa malu menceritakan masalah yang sedang dihadapinya, masih takut
menjumpai guru BK karena di dalam pemikiran mereka guru BK adalah tempat peserta didik
yang bermasalah.
18010264 s | 371.4 s ISH P | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (371.4) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain