Skripsi
PERAN QURAN LEARNING CENTRE DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER REMAJA MELALUI LITERASI QURAN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan pengelola lembaga Quran Learning Centre dalam membentuk karakter remaja qurani disekitar lembaga melalui literasi Quran karena semakin menurunnya karakter remaja yang baik. Dimana literasi Quran sedang meningkat yaitu salah satunya tahfidz Quran. Banyak lembagalembaga pencetak hafidz dan hafidzoh sehingga memotivasi pengelola untuk mencetak para hafidz dan hafidzoh di lingkungan sekitar lembaga. Tidak hanya untuk mencetak para tahfidz, tapi juga untuk menyadarkan masyarakat sekitar akan perlunya literasi Quran untuk bekal kelak di akhirat. Maka dari itu pengelola menginginkan mulai dari lingkungan sekitar mempelajari dan mengamalkan literasi Quran dan berharap memberikan manfaat kepada orang banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan implementasi literasi Quran terhadap pembentukan karakter remaja, (2) Mendeskripsikan hambatan literasi Quran terhadap pembentukan karakter remaja, (3) Mendeskripsikan faktor pendukung literasi Quran terhadap pembentukan karakter remaja. Kemudian landasan teori yang digunakan dalam teori ini adalah konsep pendidikan karakter, konsep literasi Quran, dan konsep pembentukan karakter dalam pendidikan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan mendeskripsikan apa yang sudah diteliti dan melakukan observasi, penulis juga menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena penelitian yang dibahas ini tidak berkaitan dengan angka tetapi menyangkut pendeskripsian, penguraian, dan penggambaran suatu masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara via google form dan whatsapp sertadokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, implementasi dari progam tahfidz ini menunjukan perubahan karakter siswa menjadi disiplin waktu dan bertanggung jawab. Dalam program ini terdapat 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Tidak ada kendala yang terdapat dalam program ini. Dan terdapat faktor pendukung dalam program ini yaitu keluarga, kerabat, sarana prasarana serta motivasi yang diberikan oleh pembina.
16030096 | 374 s MEI p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (374) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain