Skripsi
PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI TEBAK GAMBAR UNTUK ANAK KELOMPOK B
Perkembangan bahasa merupakan sebuah alat komunikasi yang digunakan oleh seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain baik secara lisan atau tulisan. Bagi anak, perkembangan bahasa perlu diberikan stimulus secara optimal guna anak mampu menguasai bahasa yang nantinya akan berpengaruh pada aspek perkembangan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan permainan tebak gambar dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif kelompok B di TK Harapan Bunda Cimahi. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa di TK Harapan Bunda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu secara kelompok dan individu. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa indikator yang muncul yaitu, menirukan kembali bunyi bahasa/suara tertentu, menirukan kembali 4- 5 urutan kata, membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama dan suku kata akhir yang sama, membedakan suku awal kata, mengulang kembali kalimat sederhana yang diucapkan oleh guru, menyebutkan nama-nama benda dalam permainan, menyebutkan kembali ciri-ciri dari sebuah gambar, menjawab pertanyaan dari guru terkait dengan ciri-ciri disampaikan, bercerita di depan kelas dengan lafal yang benar, bercerita tentang ciri-ciri dari sebuah gambar, menuliskan kata sesuai kartu gambar dan membaca kata pada kartu gambar. Metode yang digunakan dalam kegiatan tebak gambar yaitu metode demonstrasi. Media yang digunakan anak adalah kartu gambar berdasarkan tema.
16070167 | 305 s HAN p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (305) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain