Skripsi
PENERAPAN METODE KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 CILAWU
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, respon guru serta kendala – kendala
yang di alami siswa pada saat dalam melaksanakan penerapan konseling behavioral dengan
teknik self-management terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cilawu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif Kualitatif. Oleh
karena itu, penelitian ini ditekankan pada memberikan gambaran secara objektif tentang
keadaan sebenarnya dari obyek yang diselidiki. Lima belas siswa yang diambil dari kelas
VIII SMP N 1 Cilawu. Kelima belas siswa tersebut di atas berdasarkan rekomendasi dari BK
yang terdiri dari lima siswa laki – laki dan sepuluh siswa perempuan. Hasil penelitian
diperoleh implementasi Kondisi motivasi siswa untuk disiplin belajar semakin membaik dan
kompetitif, dikarenakan penanganan yang diberikan oleh Guru BK melalui serangkaian
pelayanan. Salah satunya adalah program konseling behavioral dengan teknik selfmanagement. Respon siswa setelah melaksanakan konseling behavioral dengan teknik selfmanagement menunjukkan bahwa strategi self-management dapat meningkatkan kedisiplinan
belajar. Hal ini terjadi karena adanya pengembangan perilaku yang lebih adaptif dari klien.
Kendala – kendala yang dihadapi siswa adalah Kurangnya motivasi dan komitmen pada
individu, Lingkungan sekitar dan keadaan diri individu di masa mendatang sering tidak dapat
diatur dan diprediksikan dan bersifat kompleks.
18010266 | 371.4 s SUH p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (371.4) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain