Skripsi
PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BLIBIOTHERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DALAM PEMILIHAN KARIER SISWA KELAS XI IPS 1 SMA ASSHIDDIQIYAH KARANGPAWITAN GARUT
Memasuki jenjang SMA banyak siswa yang telah mengetahui pilihan karier mereka terkait
jurusan yang mereka ambil namun pada kenyataannya ada beberapa siswa yang memiliki
self-efficacy yang rendah terhadap karier pilihannya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Implementasi, respon siswa dan hambatan dalam penerapan bimbingan
kelompok dengan teknik bibliotherapy untuk meningkatkan self-efficacy terhadap
pemilihan karier siswa kelas XI IPS 1 SMA Asshiddiqiyah Karangpawitan Garut. Metode
yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian lapangan. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1
SMA Asshiddiqiyah Karangpawitan Garut. Pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data dan kondisi
dilapangan dengan konsep bibliotherapy yang dilakukan oleh guru BK adalah efektif
karena siswa menjadi lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, selain itu dalam diri
siswa juga terjadi perubahan yang sangat signifikan dimana siswa yang tadinya memiliki
kepercayaan diri yang rendah setelah adanya bimbingan kelompok dengan teknik
bibliotherapy menjadi memiliki motivasi dan peningkatan self-efficacy yang lebih tinggi.
18010273 | 371.4 s AMI p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (371.4) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain