Skripsi
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa karena terlihat adanya
beberapa siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah dengan rumusan masalah
bagaimana implementasi, respon guru dan siswa serta kendala – kendala yang di alami siswa
pada saat melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap
motivasi belajar siswa kelas VIII-D SMPN 6 Garut. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini siswa kelas VIIID SMPN 6 Garut dengan jumlah 32 peserta dengan jumlah yang diteliti 9 siswa dengan
motivasi belajar yang rendah. Hasil penelitian diperoleh implementasi bimbingan kelompok
dengan teknik sosiodrama merupakan salah satu upaya langsung untuk memfasilitasi siswa
mengubah sikap perilaku dalam mengembangkan potensi dengan memahami secara
mendalam suatu kondisi kelompok. Respon guru dan siswa dalam penelitian ini siswa mulai
memahami dan menyadari tugas yang diberikan, terjadi interaksi sosial emosional yang akrab
dengan suasana yang nyaman. Kendala – kendala yang dihadapi siswa adalah faktor internal
yaitu perasaan malu untuk memerankan drama dan faktor eksternal yaitu pelaksaan
sosiodrama membutuhkan jam khusus untuk pelaksanaannya, siswa merasa bosan karena
sosiodrama sudah berulang kali diperankan.
18010265 | 371.4 s FAU l | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (371.4) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain