Skripsi
LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MEMOTIVASI SISWA SMP NEGERI 4 TAROGONG KIDUL YANG MENGALAMI KECANDUAN GAMES ONLINE
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, respon siswa dan guru serta
kendala-kendala yang di alami siswa terhadap layanan bimbingan belajar untuk siswa yang
mengalami kecanduan games online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif kualitatif. Oleh karena itu, penelitian ini ditekankan pada gambaran secara
objektif tentang keadaan sebenarnya dari obyek yang diselidiki. Subjek dalam penelitian
sebanyak 3 orang siswa, wali kelas dan guru mata pelajaran. Hasil penelitian diperoleh
implementasi motivasi belajar ketiga siswa di SMPN 4 Garut Tarogong Kidul yang
kecanduan games online rendah. Nilai ketiga siswa di sekolah rendah dikarenakan mereka
lebih memilih untuk bermain games online di bandingkan fokus terhadap pelajaran dan tugastugas sekolah. Gambaran kondisi motivasi belajar siswa yang kecanduan games semakin
membaik dikarenakan penanganan yang diberikan oleh Guru BK melalui serangkaian
pelayanan salah satunya bimbingan belajar. Respon guru peran guru mata pelajaran dan wali
kelas dengan meminta bantuan guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang
kecanduan game dilakukan dengan berbagai upaya pelayanan konseling yang diberikan baik
di dalam ruang kelas secara insidental maupun di dalam ruang BK yang telah tersedia di SMP
N 4 Tarogong. Respon siswa menunjukan bahwa masih ada rasa khawatir, segan, ragu serta
ketakutan untuk mengunjungi ruang BK, siswa beranggapan bahwa yang memasuki ruang
BK ialah siswa yang sedang mengalami masalah, dalam hal ini guru BK melalui PIK-R
secara langsung dapat lebih dekat dengan siswa sehingga anggapan negatif mengenai BK
dapat diminimalisir. Kendala – kendala yang dihadapi siswa yaitu faktor internal dan
eksternal. Faktor internal sangat dominan adalah orangtua yang kurang kontrol dan perhatian
pada siswa tersebut
18010258 | 371.4 s YUA l | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (371.4) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain