Skripsi
LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK SISWA SOCIAL WITHDRAWAL DI SMP NEGERI 1 SUCINARAJA GARUT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, respon siswa dan guru serta kendala
– kendala yang di alami siswa dalam pelaksanaan layanan bimbingan pribadi sosial untuk
siswa social withdrawal kelas VII di SMP Negeri 1 Sucinaraja Garut. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Oleh karena itu, penelitian
ini ditekankan pada gambaran secara objektif tentang keadaan sebenarnya dari obyek yang
diselidiki. Subjek dalam penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sucinaraja sebanyak 3
orang terdiri dari 2 siswa perempuan dan 1 siswa laki – laki dan guru Bimbingan dan
Konseling. Hasil penelitian diperoleh implementasi kondisi motivasi siswa yang social
withdrawal untuk bisa terbuka dan menerima kondisi sosial di sekitarnya semakin membaik
dan mengalami perubahan yang lumayan drastis dikarenakan penanganan yang diberikan
oleh guru BK melalui serangkaian pelayanan. Salah satunya adalah program layanan
bimbingan sosial. Respon siswa hasil analisis datanya menunjukkan bahwa layanan
bimbingan pribadi sosial dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa yang tadinya memiliki
masalah social withdrawal. Respon guru melalui pelaksanaan layanan bimbingan pribadi
sosial untuk siswa social withdrawal ini, diharapkan guru BK mampu membimbing para
siswa untuk selalu mawas diri, sesuai dengan harapan dan memiliki jadwal khusus serta
program BK yang sudah disusun. Kendala – kendala yang dihadapi siswa adalah kelemahan
dari layanan bimbingan itu sendiri yaitu (1) pembelajaran siswa yang berpusat pada guru
(teacher centered learning), bersifat meanistik dan hanya berorientasi pada hasil yang
diamati dan diukur, (2) Lingkungan sekitar dan keadaan diri individu di masa mendatang
sering tidak dapat diatur dan diprediksikan dan bersifat kompleks.
18010278 | 371.4 s NUR l | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (371.4) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain