Skripsi
PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR HIPOTETIK TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BANYURESMI GARUT
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, respon guru serta kendala –
kendala yang di alami siswa pada saat melaksanakan Program Bimbingan dan Konseling
Belajar Hipotetik terhadap Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2
Banyuresmi Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif
Kualitatif. Subjek dari penelitian ini berjumlah 3 siswa yang dipilih dengan teknik stratified
random sampling. Hasil penelitian diperoleh implementasi kondisi motivasi berprestasi siswa
semakin membaik dan kompetitif dikarenakan penanganan yang diberikan oleh Guru BK
melalui serangkaian pelayanan salah satunya bimbingan belajar hipotetik. Hal ini merupakan
sinergitas antara tenaga pendidik di lingkungan SMPN 2 Banyuresmi dalam memanfaatkan
penggunaan sarana prasarana yang ada.. Respon guru dan siswa Melalui pelaksanaan
program bimbingan dan konseling belajar hipotetik menjadikan siswa tertarik dalam
mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, dalam diri siswa juga terjadi perubahan yang
sangat signifikan sehingga siswa yang tadinya biasa-biasa saja setelah adanya bimbingan dan
konseling belajar hipotetik menjadi memiliki motivasi berprestasi tinggi. Kendala – kendala
yang dihadapi siswa adalah Kemampuan guru BK/ konselor dalam beradaptasi dengan para
siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Guru BK harus pandai-pandai berstrategi
dalam mengoreksi setiap keluhan pribadi siswa dan kekurangan tenaga bimbingan di sekolah.
18010283 | 371.4 s MUL p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (371.4) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain