Skripsi
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEMATANGAN KARIER PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, respon guru dan siswa serta kendala
yang di alami siswa pada saat melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self
management terhadap kematangan karier pada siswa SMA. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini ialah sebanyak 12
remaja yang memiliki kematangan karier rendah di kelas XII SMA Negeri 13 Garut. Hasil
penelitian diperoleh data kondisi dilapangan dukungan lingkungan mutlak perlu untuk
memelihara perubahan-perubahan yang merupakan hasil dari suatu program dan merupakan
salah satu karakteristik dari self management. Respon guru pun menjadi lebih baik setelah
diterapkannya layanan bimbingan kelompok kepada siswa. Dalam diri siswa juga terjadi
perubahan yang sangat signifikan, sehingga siswa yang tadinya tidak mengetahui karier,
setelah adanya layanan bimbingan kelompok ini menjadi paham dalam kariernya. Kendala
yang dihadapi siswa adalah lingkungan sekitar dan keadaan diri individu dimasa mendatang
sering tidak dapat diatur dan diprediksikan dan bersifat komplek.
18010281 | 371.4 s NUR l | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (371.4) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain