Skripsi
LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL UNTUK PERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII
Latar belakang dari penelitian ini adalah banyak ditemukan kasus membolos
yang terjadi di kalangan remaja khususnya di SMP Negeri 57 Bandung.
Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang
menyelenggarakan pendidikan untuk pengembangan kemampuan dan potensi
siswa. Sebagai lembaga pendidikan, sekolah juga mengajarkan nilai-nilai dan
menerapkan aturan yang harus dipatuhi oleh siswa, namun kenyataannnya ada
siswa yang melanggar peraturan sekolah salah satunya yaitu perilaku
membolos. Apabila perilaku membolos tidak ditangani secara cepat dan tepat
maka jumlah siswa yang membolos akan terus meningkat dan akan
memberikan dampak yang negatif terhadap peserta didik sendiri, sekolah
maupun negaranya. Perilaku membolos merupakan ketidak hadiran peserta
didik di sekolah tanpa izin.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui
layanan bimbingan pribadi-sosial untuk perilaku membolos pada peserta didik
kelas VIII di SMP Negeri 57 Bandung. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini 30 siswa yang
membolos sekolah. Dari 30 siswa penulis mengambil 3 peserta didik yang
mengalami perilaku membolos ditambah 1 guru bimbingan dan konseling dan
1 guru sebagai koordinator bimbingan dan konseling untuk dijadikan sampel
dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini merujuk pada
rumusan masalah, Layanan bimbingan pribadi-sosial ini menjadi salah satu
jenis layanan dalam bimbingan konseling di sekolah yang penting dalam
membantu peserta didik agar dapat terhindar dari beberapa masalah yang dapat
mengganggu terhadap pencapaian perkembangan peserta didik terumata dalam
perilaku membolos. Kendala yang dirasakan menurut hasil wawancara dengan
RM menyatakan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi jalannya layanan
bimbingan pribadi-sosial diantaranya adalah waktu yang relatif singkat. Oleh
karena itu guru BK harus menguasai pengetahuan bidang bimbingan
pribadi-sosial dan langkah-langkah yang akan dilaksanakan, sehingga
pelaksanaan layanan bimbingan pribadi-sosial di sekolah berjalan dengan baik
dan maksimal.
18010359 | 371.4 s MAR l | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (371.4) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain