Skripsi
LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI MELALUI TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP dengan
layanan bimbingan pribadi melalui teknik psikodrama. Pendekatan penelitian
yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode deskripsi dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Hasil
penelitian menunjukkan: (1) implementasi layanan bimbingan pribadi melalui
teknik psikodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, dapat
meningkatkan kepercayaan diri dengan tiga tahapan, tahap persipan, tahap
pelaksaan dan tahap diskusi ; (2) Respon guru dan siswa positif terhadap layanan
bimbingan pribadi melalui teknik psikodrama untuk meningkatkan kepercayaan
diri siswa dengan ditunjukkan melalui keaktifan dalam emngikuti layanan
bimbingan pribadi, dan (3) kendala yang dihadapi guru dari layanan bimbingan
pribadi melalui teknik psikodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa
yaitu pada waktu dan respon siswa yang kurang optimal. Rekomendasi penelitian
ditujukan kepada (1) siswa, yaitu Layanan bimbingan pribadi dengan teknik
psikodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, dapat diaplikasikan oleh
siswa dari yang kepercayaan dirinya menurun atau hanya pada indikator tertentu
saja, menjadi kpercayaan diri tinggi pada setiap indikator kepercayaan diri; (2)
Guru BK disarankan bagi pihak sekolah memberikan atau menerapkan layanan
bimbingan pribadi melalui teknik psikodrama dari yang keprcayaanan dirinya
rendah menjadi kepercayaan dirinya tinggi; dan (3) peneliti lain dapat
mengembangkan penelitian dengan berangkat dari keterbatasan pada penelitian
ini, yaitu sampel, metode, dan instrumen.
18010260 | 371.4 s ROH l | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (371.4) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain