Skripsi
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SEDERHANA PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi, respon guru dan siswa, serta kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi sederhana pada siswa kelas IV SD dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media kartu kata. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Kelas IV di SD Negeri Kiarapayung Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat yang berjumlah 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Instrumen pada penelitan ini berupa: (1) Tes berbentuk soal uraian terdiri dari 6 soal untuk mengukur keterampilan menulis puisi, tes ini diberikan pada saat pretes dan postes. (2) Non tes berupa skala pendapat siswa yang digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan diri siswa memahami materi yang dipelajari. Model skala yang digunakan mengacu pada model skala yang terdiri dari empat respon skala interval 1-4. Skenario dan implementasi menunjukkan adanya temuan di lapangan yaitu siswa dapat belajar lebih aktif dengan cara guru memberikan pengalaman belajar menggunakan media konkrit serta interaksi sosial antara dengan guru ataupun teman. Hasil skala pendapat siswa mendapatkan hasil respon positif dengan mendapatkan skor rata-rata keseluruhan adalah 62 dengan persentase 70%, hasil tersebut membuktikan respon siswa sebagian besar menyatakan pendekatan Kontekstual berbantuan media kartu kata sangat menyenangkan dan menarik karena dapat memudahkan dan meningkatkan kreatifitas dalam membuat puisi. Kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam membuat puisi adalah keterbatasan kosa kata dalam mengembangkan kata menjadi kalimat puisi yang sesuai dengan tema dan kesulitan dalam menentukan diksi, tetapi kesulitan tersebut hanya beberapa persen umumnya siswa mampu menulis puisi setelah diberikan pembelajaran sehingga kemampuan menulis puisi sederhana pada siswa SD kelas IV dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media kartu kata mengalami peningkatan hal ini dibuktikan nilai rata-rata pada pretes meningkat dari 69 menjadi 76 pada postes dan presentase ketuntasan siswa meningkat pula pada pretes sebesar 47%, dan pada postes sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh keterampilan menulis puisi sederhana siswa kelas IV setelah diterapkannya pendekatan kontekstual berbantuan media kartu kata.
18060021 | 370 s ELI p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (370) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain