Profil Pembelajaran Literasi di SMP Wilayah Kabupaten Bandung Barat
Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan survai, sebuah studi pendahuluan yang merupakan bagian dari penelitian Hibah Pascasarjana pada tahun pertama untuk pendanaan 2018 dari DRPM Kemristekdikti. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pembelajaran literasi mata pelajaran Bahasa Indonesia dan kendala yang dihadapi guru dalam melakukan pembelajaran literasi di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP baik negeri maupun swasta di wilayah Kabupaten Bandung Barat sejumlah 76 orang. Pengumpulan data dengan cara angket kemudian dianalisis secara deskriptif melalui kategorisasi berdasarkan karakteristik masing-masing. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, pembelajaran literasi terwujud dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran yang disusun guru. Sebanyak 56,25% guru sudah mampu menyusun rencana pembelajaran literasi. Sejumlah 52,81% guru telah melaksanakan pembelajaran literasi. Sebanyak 46,86% guru mengembangkan bahan ajar literasi dengan cara berdiskusi dengan tim guru Bahasa Indonesia di sekolah sendiri. Sebanyak 53,12% guru sudah mampu menyusun evaluasi pembelajaran literasi. Kedua, kendala pembelajaran literasi berasal dari dalam diri guru dan dari luar atau lingkungan sekitar. Kendala yang berasal dari dalam diri guru secara umum dikarenakan pengetahuan guru yang terbatas tentang penyusunan perangkat pembelajaran literasi, sedangkan yang berasal dari lingkungan sekitar antara lain minimnya kompetensi siswa dalam membaca dan menulis, dan terbatasnya referensi di perpustakaan sebagai penunjang terlaksananya pembelajaran literasi di kelas.
P0001 | 374.014 IKA p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain