PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DANSELF CONFIDENCE SISWA SMP

DINI APRIANI, 22102020 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DANSELF CONFIDENCE SISWA SMP. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of PENGEASHAN.pdf] Text
PENGEASHAN.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (682kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of Lampiran Dini Apriani.pdf] Text
Lampiran Dini Apriani.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah Penerapan Model Problem Based
Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dan
Self confidence Siswa SMP, adapun metode yang digunakan pada penelitian ini
yaitu; Mix Method The Sequential Explanatory yang tahapannya sudah
disesuaikan, Subjek pada penelitian ini adalah Peserta didik kelas VIII yang
berlokasi di Kota Kabupaten Bandung dengan jumlah 60 orang Peserta didik.
Adapun hasil pada penelitian itu diantaranya; 1) Peningkatan kemampuan
kemampuan Berpikir Kritis matematis siswa yang mendapat Model Problem
Based Learning melalui berbantuan media lebih baik dari pembelajaran biasa
ditunjukan dengan rata-rata pretestt kelas eksperimen sebesar 58,04 dan kelas
kontrol sebesar 52,32. Rata-rata postest pada kelas eksperimen sebesar 72,96 dan
kelas kontrol sebesar 56,98. Dengan hasil tersebut kelas eksperimen mengalami
peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol pada tes
kemampuan Berpikir Kritis matematis. Dilihat dari N-Gain atau peningkatan
sebelum dan sesudah untuk kelas eksperimen mendapatkan skor sebesar 0,76 yang
masuk dalam kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,48 yang masuk dalam
kategori sedang. 2) Pengaruh dari Self confidence Siswa terhadap kemampuan
Berpikir Kritis matematis yang mendapat Model Problem Based Learning. dari
hasil analisis Karena 0,080 lebih besar dari 0,05 maka hasil uji linieritas data Self
confidence dan kemampuan Berpikir Kritis matematis siswa memiliki hubungan
yang linear serta data diperoleh bahwa nilai R (korelasi) sebesar 0, 752 dan nilai R
square (koefisien determinasinya) sebesar 0,565. Tabel di atas juga menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh antara Self confidence terhadap kemampuan Berpikir
Kritis matematis sebesar 56,5%. 3) Proses penerapan pendekatakan Problem
Based Learning dan dengan pada pembelajaran siswa SMP maka pembelajaran
matematika yang dilakukan oleh peneliti sudah sesuai dengan Model PBL
menggunakan langkah-langkah: (1) Menyajikan Masalah, (2) Mengorganisasi
siswa Belajar, (3) Memberikan Bimbingan belajar, (4) Membuat Karya (5)
Persentasi dan Evaluasi. 4) Efektivitas penerapan Model pendekatakan Problem
Based Learning dan dalam meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis matematis
dan Self confidence Siswa Dengan perolehan nilai terendah diperoleh siswa pada
pada indikator Memeriksa kembali hasil dan proses kerja yang di peroleh sebesar
59.74, dan nilai tertinggi yang didapatkan adalah 82,42% pada indikator
Menyelesaikan rencana dengan prosedur yang jelas, hal ini berarti siswa sudah
mampu menyelesaikan suatu permasalahan matematika dengann menggunakan
rencana yang jelas serta terarah dalam memecahkan masalah, serta diketahui
bahwa nilai rata-rata sebesar 78,73% dengan kategori efektif. Hal ini menyatakan
penerapan Model pendekatakan Problem Based Learning dan
dalam
meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis matematis dan Self confidence Siswa efektif untuk digunakan dalam proses peningkatan kemampuan Berpikir Kritis
matematis siswa. Kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam
melaksanakan pembelajaran dengan Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Self confidence, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:33
Last Modified: 05 Jun 2025 03:33
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item
View Item