PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING

Nina Nurhasanah, 17810032 (2019) PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1_BAB I.pdf] Text
1_BAB I.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 2_BAB II.pdf] Text
2_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of 3_BAB III.pdf] Text
3_BAB III.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4_BAB IV.pdf] Text
4_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 5_BAB V.pdf] Text
5_BAB V.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 6_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
6_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Nurhasanah, N. (2019). “Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Menulis Puisi SMP dengan Menggunakan Pendekatan Methaphorical Thinking”. Menulis puisi adalah salah satu keterampilan menulis sastra yang diajarkan pada kurikulum 2013 jenjang SMP. Namun, ternyata siswa masih kesulitan dalam pembelajaran puisi, khususnya ketika menulis puisi.Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui hasil belajar antara kelas yang menggunakan pendekatan Methaphorical Thinking dengan yang menggunakan pendekatan konvesional, mengetahuai ada atau tidak adanya keterkaitan antara pengetahuan dan keterampilan, mengetahui, dan mengetahui kinerja siswa ketika pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Methaphorical Thinking, menyelesaikan soal-soal pengetahuan, dan ketika menyelesaikan tugas praktik menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi eksperimen dengan disain Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa SMP Inovatif Al-Ibda yang berjumlah 40 orang. Berdasarkan data penelitian diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen lebih baik dalam pengetahuan tentang puisi dan keterampilan menulis puisi dibandingkan kelas kontrol. Pada data uji asosiasi antara pengetahuan dengan keterampilan ternyata pada kelas eksperimen diperoleh nilai Sig 0,737> 0,05 dan di kelas kontrol diperoleh nilai sig 0,687 > 0,05. Hasil tersebut bermakna bahwa tidak ada asosiasi antara pengetahuan dan keterampilan baik di kelas eksperimen ataupun kelas kontrol. Kinerja siswa pada saat mengimplementasikan pendekatan Methaphorical Thinking berdasarkan hasil observasi ternyata kinerja mereka sangat baik. Adapun kinerja siswa dalam kemampuannya dalam menjawab soal pengetahuan menulis puisi di kelas eksperimen yaitu ada dalam kategori baik, sedangkan di kelas kontrol yaitu dalam kategori kurang. Adapun kinerja siswa kelas eksperimen dalam menyelesaikan tugas keterampilan menulis yaitu dalam kategori baik sedangan di kelas kontrol yaitu dalam kategori kurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Puisi, Pendekatan Methaphorical Thinking, Pengetahuan dan Ketrampilan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 04 Jun 2025 06:56
Last Modified: 04 Jun 2025 06:56
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item
View Item