PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN INDUKTIF DENGAN STRATEGI PUSATKAN PIKIRAN ATUR KARANG

Neneng Kartika, 17810034 (2019) PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN INDUKTIF DENGAN STRATEGI PUSATKAN PIKIRAN ATUR KARANG. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of pernyataan.pdf] Text
pernyataan.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasieksperimen yang bertujuan untuk menganalisis dan menelaah kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa SMP antara yang menggunakan pendekatan induktif dan strategi PAK dengan pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru pamong. Subjek sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung Barat. Kemampuan menulis teks deskripsi diukur dengan tes tertulis pengetahuan dan tes keterampilan. Seluruh data diolah dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukan: (1) kemampuan pengetahuan materi teks deskripsi siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan induktif dengan strategi PAK lebih baik dari pada yang menggunakan pendekatan discovery learning, dengan pencapaian berada pada level baik; (2) kemampuan keterampilan menulis teks deskripsi siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan induktif strategi PAK lebih baik dari pada yang menggunakan pendekatan discovery learning; (3) terdapat hubungan yang tergolong tinggi antara kemampuan pengetahuan dan keterampilan materi teks deskripsi pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan induktif dengan strategi PAK dibanding dengan pendekatan discovery learning. (4) a. Implementasi pembelajaran melalui pendekatan induktif dengan strategi PAK telah berjalan dengan baik dan aktivitas siswa meningkat, dan untuk kemampuan menulispun meningkat dengan cukup baik. b. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal dan tugas praktek menulis teks deskripsi terdapat beberapa kesulitan, umumnya pada indikator merinci bagian struktur teks dan menyajikan tulisan teks deskripsi yang sesuai dengan kaidah kebahasaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Menulis Teks Deskripsi, Pendekatan Induktif, Strategi PAK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 04 Jun 2025 06:47
Last Modified: 04 Jun 2025 06:47
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item
View Item