PENGEMBANGAN MODUL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK KELAS X

AOS SOGIRI, - (2024) PENGEMBANGAN MODUL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK KELAS X. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aos Sogiri (2024), “Pengembangan Modul dengan Menggunakan Model
Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Audiovisual untuk Meningkatkan
Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dan Motivasi Belajar Siswa SMK Kelas X”
Salah satu keterampilan berbahasa yakni keterampilan menulis.
Keterampilan menulis khususnya menulis teks eksposisi berperan penting dan
dibutuhkan baik oleh dunia pendidikan maupun di kehidupan masyarakat umum era
digital ini. Hasil survei awal awal kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi
masih rendah yaitu 67,5%%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Pengembangan Modul dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery
Learning Berbantuan Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks
Eksposisi dan Motivasi Belajar Siswa SMK Kelas X.
Metode yang digunakan yaitu Penelitian R & D (Reseach and
Development). Instrumen yang dipakai tes, non-tes, wawancara, observasi, angket,
dan dokumentasi. Prosedur pengolahan data instrument meliputi uji validitas, uji
homogenitas, uji 2T independent, uji efektivitas, dan analisis deskriptif. Lokasi
penelitian, SMKN 1 Rengasdengklok, SMKN 1 Tirtajaya, SMKN Batujaya, dan
SMKN Jayakerta. Responden penelitian ini adalah 150 siswa dari 4 sekolah SMK
di Karawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul ajar yang
dikembangkan dapat menghasilkan bahan ajar media audiovisual. Respon guru dan
siswa dari keempat sekolah setuju dengan modul ajar yang dikembangkan.Hasil
penelitian terjadi perkembangan dan peningkatan hasil belajar, hal ini ditunjukkan
dari hasil rata-rata uji produk kelas eksperimen 64,30 dan postes dengan rata-rata
79,60. Berdasarkan uji paired sample t test, dapat disimpulkan bahwa hipotesis
diterima. Karena nilai signifikansi < 0,05 yaitu sebesar 0,000. Artinya hipotesis yang
dibuat diterima. Maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat
perkembangan dan perbedaan serta pengaruh kemampuan menulis teks eksposisi
siswa antara pretest dan posttest menggunakan model pembelajaran Discovery
Learning berbantuan media audiovisual. Motivasi belajar siswa meningkat setelah
diterapkannya pengembangan modul dengan menggunakan model membelajaran
discovery learning berbantuan audiovisual. Peningkatan tersebut cukup signifikan
dan membuktikan bahwa ada perkembangan perbaikan pembelajaran dengan hasil
yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Media Audiovisual, Motivasi Belajar, Teks Eksposisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:40
Last Modified: 04 Jun 2025 02:40
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item
View Item