PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU TRUTH OR DARE MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII MTs AR-ROSYID

AGUM GINANJAR, 18010392 (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU TRUTH OR DARE MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII MTs AR-ROSYID. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman awal.pdf] Text
Halaman awal.pdf

Download (915kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kepercayaan diri yang terjadi pada siswa SMP/MTs. Padahal sebuah kepercayaan diri merupakan bagian yang sangat penting dan menjadi modal utama untuk siswa dalam memaksimalkan potensinya saat kegiatan belajar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk hipotetik berupa media permainan kartu truth or dare melalui bimbingan kelompok untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Penelitian dan Pengembangan ini dilaksanakan dengan mengadaptasi konsep Penelitian dan Pengembangan Borg and Gall (1983). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII di MTs Ar-Rosyid. Kegiatan penelitian dan pengembangan melalui
studi identifikasi masalah, pengumpulan data, pembuatan produk hipotetik, uji Ahli dan uji Praktisi, revisi desain I, uji coba produk, revisi desain II. Analisis data
menggunakan deskriptif presentase. Hasil produk yang dikembangkan mendapatkan kelayakan dengan penilaian ahli media sebesar 71%, penilaian ahli materi sebesar 79%, dan penilaian tiga praktisi materi dengan jumlah rata-rata
sebesar 91%. Dalam kelayakan produk mendapatkan kelayakan dengan penilaian pengguna sebesar 81%. Diketahui bahwa hasil keseluruhan penelitian rata-rata 80,5% , maka dapat disimpulkan bahwa produk penelitian media permainan kartu
truth or dare melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa memenuhi standar kelayakan pada kategori “sangat tinggi” untuk penggunaanya

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Truth or Dare, Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 15 Aug 2025 06:27
Last Modified: 15 Aug 2025 06:27
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item
View Item