ANGGRAENI RATNA SARI, 14510273 (2019) PENERAPAN PENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIK SISWA SMP. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (177kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (29kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (45kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (173kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (30kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (29kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Download (89kB)
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah
matematik siswa SMPN 1 Babakancikao terhadap mata pelajaran
matematika.penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah peningkatan
kemampuan pemecahan matematik siswa yang menggunakan pendekatan deduktif
lebih baik daripada kemampuan siswa yang menggunakan pendekatan deduktif.
Metode pada penelitian ini adalah eksperimen dan desain penelitian menggunakan
pretes dan postes pada kelas eksperimen dan kontrol. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Sampel
diambil secara acak kelas, yaitu dari delapan kelas diperoleh dua kelas, yaitu kelas
VII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Kelas
eksperimen menggunakan pendekatan deduktif sedangkan kelas kontrol
menggunakan pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh melalui
instrumen berupa test pretes dan postes kemampuan pemecahan masalah
matematik, skala sikap siswa dan lembar observasi. Data pretes diolah melalui uji
normalitas, uji Mann Whitney, sedangkan data postes diolah melalui uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan dua rerata menggunakan software
SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematik yang menggunakan pendekatan deduktif lebih
baik daripada kemampuan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Siswa menunjukkan motivasi belajar yang aktif melibatkan diri dalam diskusi dan
dapat menyelesaikan masalah dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Motivasi Belajar, Pendekatan Deduktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:59 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:59 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/601 |