PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SEKOLAH DASAR

RADINDA MUTIARA PASHA, 20060167 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (893kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstrak

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) suatu proses pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam menemukan berbagai masalah dan menentukan strategi untuk memecahkan masalah dan mencari solusi secara mandiri maupun kelompok. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV dengan model Problem Based Learning (PBL); (2) Kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis; (3) Kesulitan guru dalam memberikan pembelajaran dengan model Problem Based
Learning (PBL). Metode penelitian ini menggunakan metode mix method dengan desain sequential explanatory design yaitu dengan menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif secara terstruktur. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IV SD di Kota Cimahi dengan jumlah sampel 30 siswa. Siswa laki-laki berjumlah 19 orang siswa perempuan berjumlah 11 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan tes tertulis, lembar observasi, angket peserta didik, dan wawancara guru. Pengolahan data dianalisis secara data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penggunaan model Problem Based Learning (PBL ) adanya peningkatan yang efektif untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun kesulitan yang dialami siswa salah ainfromasi yang dijelaskan, siswa sulit menemukan masalah serta
tidak bisa mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi. Adapun kesulitan yang dialami guru yaitu kurangnya alat peraga karena sarana prasarana tidak memadai,
kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif, tidak disertai dengan model pembelajaran dan kurang kondusifnya siswa ketika berlangsung pembelajaran didalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa adanya peningkatan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:30
Last Modified: 01 Aug 2025 02:30
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item
View Item