PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH (PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN) SISWA KELAS III SEKOLAH DASA

Novita Satryana Putri Nurohma, 20060155 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH (PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN) SISWA KELAS III SEKOLAH DASA. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan dan pengurangan siswa SD kelas III. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Conntextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dalam peneltian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis pada siswa kelas III SDN 2 Lembang. Metode penelitian ini menggunakan mix methods dengan desain explanatory sequential subjek dalam
penelitian ini yaitu 30 siswa kelas III SDN 2 Lembang. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar soal tes pemahaman konsep matematis, lembar
angket respon siswa, dan lembar wawancara guru. Analisis data diperoleh hasil penelitian yang dihitung dari hasil nilai rata-rata N-gain adalah 0,59. Artinya model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman konsep pada matematis pada materi operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan dan pengurangan) siswa SD kelas III.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Contextual Teaching and Learning, operasi hitngbilangan cacah (penjumlahan dan pengurangan)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:01
Last Modified: 15 Jul 2025 07:01
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item
View Item