Novita Satryana Putri Nurohma, 20060155 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH (PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN) SISWA KELAS III SEKOLAH DASA. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN AWAL.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (74kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (412kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (542kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (15kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (15kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan dan pengurangan siswa SD kelas III. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Conntextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dalam peneltian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis pada siswa kelas III SDN 2 Lembang. Metode penelitian ini menggunakan mix methods dengan desain explanatory sequential subjek dalam
penelitian ini yaitu 30 siswa kelas III SDN 2 Lembang. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar soal tes pemahaman konsep matematis, lembar
angket respon siswa, dan lembar wawancara guru. Analisis data diperoleh hasil penelitian yang dihitung dari hasil nilai rata-rata N-gain adalah 0,59. Artinya model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman konsep pada matematis pada materi operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan dan pengurangan) siswa SD kelas III.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Contextual Teaching and Learning, operasi hitngbilangan cacah (penjumlahan dan pengurangan) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:01 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:01 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/569 |