NOPI NURFAUZIAH RAHMA, 20060112 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PKN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of DAFTAR ISI_merged.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI_merged.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (274kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (277kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (177kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (248kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya rendahnya pemahaman konsep terutama dalam pembelajaran PKN, tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemamaham konsep
PKN siswa kelas V sekolah dasar dengan menggunakan model Make a match, mengetahui respon siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep PKN dan kendala yang dihadapi guru ketika menerapkan model Make a match pada siswa kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methods dengan desain explanatory sequential. Subjek dalam penelitian ini erjumlah 31 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 15 orang dan siswa perempuan 16 orang. Proses pengumpulan data diperoleh dari tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Make a match memperoleh kategori cukup efektif serta dapat berpengaruh terhadap nilai rata-rata siswa dari pretest sebesar 47,9 dan postest
sebesar 77,7. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan pada pemahaman konsep PKN siswa. Respon siswa kelas V SD dalam meningkatkan pemahaman konsep PKN motivasi
belajar siswa yang menurun dan kurang minatnya siswa dalam belajar berkelompok. Adapun kendala yang dihadapi guru seperti perlu menyesuaikan materi pembelajaran PKN dengan
kebutuhan model Make a match, waktu pelaksanaan menggunakan model Make a match cukup terbatas, dan fasilitas yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Make a match, Pemahaman Konsep. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Admin Perpustakaan IKIP |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:50 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:50 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/551 |