PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PKN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

NOPI NURFAUZIAH RAHMA, 20060112 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PKN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of DAFTAR ISI_merged.pdf] Text
DAFTAR ISI_merged.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya rendahnya pemahaman konsep terutama dalam pembelajaran PKN, tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemamaham konsep
PKN siswa kelas V sekolah dasar dengan menggunakan model Make a match, mengetahui respon siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep PKN dan kendala yang dihadapi guru ketika menerapkan model Make a match pada siswa kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methods dengan desain explanatory sequential. Subjek dalam penelitian ini erjumlah 31 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 15 orang dan siswa perempuan 16 orang. Proses pengumpulan data diperoleh dari tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Make a match memperoleh kategori cukup efektif serta dapat berpengaruh terhadap nilai rata-rata siswa dari pretest sebesar 47,9 dan postest
sebesar 77,7. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan pada pemahaman konsep PKN siswa. Respon siswa kelas V SD dalam meningkatkan pemahaman konsep PKN motivasi
belajar siswa yang menurun dan kurang minatnya siswa dalam belajar berkelompok. Adapun kendala yang dihadapi guru seperti perlu menyesuaikan materi pembelajaran PKN dengan
kebutuhan model Make a match, waktu pelaksanaan menggunakan model Make a match cukup terbatas, dan fasilitas yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Make a match, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:50
Last Modified: 14 Jul 2025 03:50
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item
View Item