PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SD KELAS 5

Nina Warliani, 22060086 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SD KELAS 5. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Cover_merged.pdf] Text
Cover_merged.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)

Abstrak

Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan siswa dalam pembelajaran menggunakan model Mind Mapping terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa, respon siswa terhadap pembeljaran melalui model Mind Mapping, serta kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan model Mind Mapping. enelitian
ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca emahaman mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD dengan menggunakan model Mind Mapping. Metode dalam penelitian ini adalah metode Mixed Method dengan desain Sequential Explanatory. Subjek dalam penelitian siswa kelas V SDN Cipada yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuantitatif dalam bentuk test
(pretetst-posttest) dan teknik kualitatif berupa observasi, lembar angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus N-Gain menggunakan SPSS. Hasil analisis menunjukan nilai rata-rata, sebelum menggunakan model Mind Mapping nilai rata-rata yang iperoleh siswa adalah 56.40 dan setelah menggunakan model Mind Mapping meningkat menjadi 86,44. Hal lainnya dapat dilihat dari kegiatan tes awal (pretest) untuk presentasi ketuntasan
siswa hanya 28% sehingga dinyatakan sangat rendah. Sedangkan setelah menggunakan model Mind Mapping presentasi ketuntasan siswa meningkat menjadi 92%, hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model Mind Mapping. Berdasarkan hasil analisis uji N-gain, menunjukan peningkatan pembelajaran siswa dalam kemampuan membaca pemahaman, yaitu dapat dilihat dari hasil N-Gain
yaitu 0,71 termasuk kategori tinggi dan untuk presentasi efektivitasnya mencapai 71,23% termasuk kriteria efektif. Maka hasil dari penelitian ini menyatakan, bahwa model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:27
Last Modified: 14 Jul 2025 03:27
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item
View Item