PENGGUNAANMODEL PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN VIDEO POWTOONUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWAKELAS III SD

Nina Vania, 20060026 (2024) PENGGUNAANMODEL PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN VIDEO POWTOONUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWAKELAS III SD. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of DAFTAR ISI_merged (1).pdf] Text
DAFTAR ISI_merged (1).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstrak

Keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti berpikir kritis dapat mendukung proses berpikir kritis siswa. Namun pada kenyataannya banyak siswa yang masih kekurangan kemampuan berpikir kritis karena mungkin sebagian guru tidak enyertakan kemampuan tersebut proses belajar mengajar. ehingga menyebabkan siswa belum mampu menyampaikan endapatnya. Melalui penggunaan video powtoon dan PBL tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan peningkatan kemampuan dalam menganaliis, mengevaluasi serta berpikir secara kritis dalam konsep keliling dan luas bangun datar yang ada di elas III SD. Desain Sequential eksplanatory design adalah salah satu desain yang digunakan dalam proses penelitian ini. iswa kelas III SD menjadi salah satu subjek penelitan yang ada di SDN Giriraharja. Penelitian ini melalui dua tahapan, langkah pertama adalah pengumpulan serta analisis data kuantitatif tekniknya dengan memberikan tes mengenai kemampuan berpikir kritis. Pada langkah kedua, data kualitatif dikumpulkan erta
dianalisis menggunakan teknik wawancara, angket respon dan formulir observasi. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil penggunaaan model PBL berbantuan video powtoon secara signifikan terdapat peningkatan berpikir kritis. Ini terbukti dari nilai yang diraih oleh para siswa pada saat pretest rata-rata 63 kemudian berubah dengan nilai postest rata-rata sebesar 84 dengan hasil uji cohen`s effect size sebesar 1,826. Dalam tinjauan kualitatif yang melibatkan analisis lebih lanjut, ditemukan bahwa dengan menggunakan model PBL berbantuan video powtoon ini berperan dalam
mengaktifkan suasana kegiatan belajar mengajar menjadi aktif serta interaktif serta siswa dapat mengidentifikasi masalah dan merumuskan jawaban dari permasalahan yang diberikan terbukti dengan tingginya antusias dan repon siswa. Dengan hasil tersebut diharapkan penelitian ini mampu berkontribusi dalam pengembangan inovasi pembelajaran berpusat pada siswa serta pengembangan motion grapich.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Model problem Based learning, siswa kelas III
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:20
Last Modified: 14 Jul 2025 03:20
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item
View Item