PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS V SISWA SEKOLAH DASAR

Neng Tia Amelia, 22060358 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS V SISWA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of DAFTAR ISI_merged.pdf] Text
DAFTAR ISI_merged.pdf

Download (916kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal
tersebut didasari oleh hasil observasi yang dilakukan sebelum penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa enggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan the Sequential Explanatory Design. Instrumen yang digunakan dalam enelitian ini adalah instrumen tes, angket dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gentramukti yang berjumlah 14 siswa. Berdasarkan hasil uji rata-rata N-Gain menunjukkan nilai 0,7 dan berada pada interpretasi “Tinggi”. Selain itu, perolehan skor angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata 92 % berada pada kategori ”Sangat Baik” dan angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 87,5 % berada pada kategori “Sangat Baik”. Kesulitan yang dihadapi siswa diantaranya, siswa kurang semangat dalam belajar, kurangnya minat siswa dalam
pembelajaran materi keragaman sosial budaya masyarakat, dan kesulitan dalam memahami materi keragaman sosial budaya masyarakat. Adapun kesulitan guru yaitu kesulitan memberikan motivasi belajar karena siswa kurang fokus, kesulitan mengorganisasikan siswa, dan kesulitan menumbuhan rasa percaya diri siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat isimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada siswa kelas V SDN Gentramukti

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:11
Last Modified: 14 Jul 2025 03:11
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item
View Item